Daftar 7 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Menurut Ranking DIKTI



Daftar 7 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Menurut Ranking Dikti

Untuk kalian para lulusan SMA sederajat yang masih fresh tidak perlu keluar Jawa Tengah untuk melanjutkan kejenjang perguruan tinggi yang berkualitas. Selain berkualitas, kuliah di Universitas yang ada di Jawa Tengah ini dapat menghemat pengeluaran keluarga. Karena Jawa Tengah terkenal dengan Provinsi yang memiliki biayahidup masih rendah. Jawa Tengah atau sering disebut Jateng sendiri memiliki banyak universitas terbaik yang menjadi favorit para mahasiswa baru. Baik dari dalam maupun luar provinsi itu sendiri. Mulai dari Sabang sampai Merauke.

Tercatat, saat ini ada banyak sekali universitas negeri dan swasta yang berada di Provinsai Jateng. Sobat dapat memilih sesuka hati mau kuliah dimana. Bagi sobat yang masih bingung memilih universitas mana yang akan saya pilih, kami memberikan sedikit referensi. Yaitu 8 Universitas Terbik di Jawa Tengah. Yuk langsung cek saja daftar lengkapnya di sini:

Universitas Terbaik Di Jawa Tengah Tahun 2017 Versi DIKTI

#1 - Universitas Sebelas Maret (UNS)


  • Rangking Indonesia: 9
  • Rangking Jateng: 1
Alamat: Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126

Universitas Sebelas Maret atau yang bisa juga disebut UNS merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di kota Solo, Jawa Tengah. Kampus ini memiliki suasana yang kondusif, teduh, rimbun pepohonan, asri, dan nyaman untuk mendukung kesuksesan pembelajaran para mahasiswanya.

Dengan kondisi itu, banyak pihak yang kemudian mengenal UNS sebagai green campus atau kampus hijau dan bahkan UNS telah mendapatkan apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI sebagai Perintis Kampus Berwawasan Lingkungan. Salah satu PTN atau Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia ini juga selalu menjadi kampus favorit yang diminati mahasiswa baru setiap tahunnya. 

#2 - Universitas Diponegoro (UNDIP)


  • Rangking Indonesia: 10
  • Rangking Jateng: 2

Alamat: Jl.Prof.H.Soedarto, S.H.Tembalang, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275

Salah satu perguruan tinggi terbaik di kota Semarang ini merupakan sebuah universitas terbesar di Jawa Tengah yang terletak di Kota Semarang.  Tidak hanya di Semarang saja, UNDIP juga termasuk salah satu universitas terpopuler di Indonesia dan menjadi kampus favorit bagi calon mahasiswa baru dari seluruh penjuru Indonesia.

Universitas Diponegoro sendiri memiliki 11 fakultas dan terdiri dari berbagai program studi mulai dari Diploma (D3), Sarjana (S1)/setara, Magister (S2), Doktor (S3), program profesi, serta progam spesialis. Sebut saja seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas  Ilmu Budaya, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Fakultas Peternakan-Pertanian.

#3 – Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)


  • Rangking Indonesia: 16
  • Rangking Jateng: 3
Alamat: Jl. HR Boenyamin 708, Grendeng, Purwokerto Utara, Grendeng, Purwokerto Utara, Grendeng, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53122

Universitas Jenderal Soedirman atau lebih dikenal dengan sebutan UNSOED, adalah satu dari 92 perguruan tinggi negeri di bawah administrasi  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

UNSOED pada tahun 2017 kemarin, berhasil menjadi perguruan tinggi negeri terbaik peringkat 3 di Jawa Tengah, dan menduduki peringkat ke-16 se Indonesia.


#4 – Universitas Negeri Semarang (UNNES)


  • Rangking Indonesia: 22
  • Rangking Jateng: 4
Alamat: Jalan Sekaran, Sekaran, Gunung Pati, Sekaran, Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50229

Selain UNDIP, ada juga kampus UNNES yang menjadi favorit para mahasiswa baru untuk menimba ilmu. PTN yang berlokasi di Sekaran Gunung Pati Semarang ini adalah universitas yang memiliki wawasan konservasi. Sesuai dengan Visis UNNES yaitu menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional.

Tahun ini, Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil menjadi universitas terbaik nomer 4 di Jawa Tengah. Sedangkan untuk rangking Nasionalnya adalah 22.

#5 - Universitas Katolik Soegijapranata


  • Rangking Indonesia: 39
  • Rangking Jateng: 5

Alamat: Jl. Pawiyatan Luhur IV No.1, Bendan Dhuwur, Tinjomoyo, Banyumanik, Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50235

Universitas Katolik Soegijapranata adalah sebuah perguruan tinggi Katolik terkemuka di Indonesia yang berada di kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas Katolik Soegijapranata sendiri berada di bawah naungan Yayasan Sandjojo yang terafiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang (Archdiocese of Semarang).

Universitas katolik terbaik di kota Semarang ini juga merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang memiliki motto: "Talenta Pro Patria et Humanitate" (talenta terbaik dipersembahkan demi bangsa-negara serta kemanusiaan). Adapun universitas ini memiliki jaringan kerjasama yang luas baik di dalam maupun di luar negeri.

Universitas Katholik Soegijapranata menawarkan beberapa fakultas yang menarik, seperti Fakultas Arsitektur & Desain, Fakultas Hukum & Komunikasi, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa & Seni, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilmu Komputer.

#6 – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

  • Rangking Indonesia: 41
  • Rangking Jateng: 6

Alamat: Jalan A. Yani, Pabelan, Kartasura, Pabelan, Kartasura, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57162

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adalah perubahan bentuk dari IKIP Muhammadiyah Surakarta. UMS adalah lembaga pendidikan tinggi di bawah persyarikatan Muhammadiyah.

Pada tahun 1979, Drs. H. Mohamad Djazman, Rektor IKIP Muhammadiyah Surakarta Pada saat itu yang memprakarsai berdirinya Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan menggabungkan IKIP Muhammadiyah Surakarta dan IAIM Surakarta adalah H. Mohamad Djazman, Rektor IKIP Muhammadiyah Surakarta pada tahun 1979. Sehingga dua tahun kemudian, tepatnya tahun 1981 IKIP Muhammadiyah Surakarta berganti nama menjadi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Saat ini Universitas Muhammadiyah Surakarta telah memiliki 12 Fakultas, dan 54 program studi yang terdiri dari jenjang S1, S2 hingga S3. Salah satu perguruan tinggi negeri terfavorit di kota Solo ini berhasil menempati peringkat ke-41 universitas di Indonesia dan peringkat ke-6 universitas di Jateng pada tahun 2017.

#7 - Universitas Kristen Satya Wakana (UKSW)


  • Indonesia Peringkat: 64
  • Urutan Jawa Tengah: 7

Alamat: Jalan Diponegoro No.52-60, Salatiga, Sidorejo, Salatiga, Sidorejo, Salatiga, Jawa Tengah 50.711

Menurut kebijakan pemerintah pada hari itu, Dewan Pengurus memutuskan pada 17 Juli 1959 untuk mengubah lembaga pelatihan guru di pendidikan tinggi, Christine Indonesia (PTPG-KI) menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen Indonesia (FKIP-KI).

Mempertimbangkan fakta bahwa Perguruan Tinggi Pendidikan (FKIP) harus menjadi bagian dari Universitas, maka Dewan Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia telah memutuskan untuk mendirikan Universitas Kristen diumumkan secara resmi didirikan pada 5 Desember. 1959 Setelah itu disebut Universitas Kristen Satya (UKSW).

Pada tahun 1964, pelatihan dan pendidikan Teachers College telah berubah menjadi guru dan Pendidikan Pelatihan Institute (IKIP). Berdasarkan Keputusan yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan No. 082/0/1977 tanggal 29 Maret 1977, itu adalah rehabilitasi sekolah pelatihan guru di FKIP dan kembali memasuki dalam sebuah pidato di Universitas Kristen Satya. UKSW merupakan universitas no 7 di Jawa Tengah dan ke 64 di Indonesia.

Itulah 7 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Menurut Ranking DIKTI yang berhasil kami rangkum. Semoga bermanfaat.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Daftar 7 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Menurut Ranking DIKTI"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan pembahasan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel