6 Tips Memilih Bank Syariah


6 Tips Memilih Bank Syariah

Memilih bank syariah merupakan keputusan yang sangat tepat untuk memanfaatkan transaksi dunia perbankan tanpa perlu khawatir adanya riba. Namun, sebagai pemula, tentunya banyak orang yang bingung dan ragu untuk menabung di bank syariah. Ada banyak bank bank syariah yang ada di Indonesia mulai dari milik pemerintah hingga milik swasta. Supaya transaksi perbankan yang kamu lakukan dapat berjalan dengan efektif dan efisien, tentunya kamu memerlukan beberpa pertimbangan untuk memilih bank syariah yang tepat. Berikut ini hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih bank syariah :

1. Jumlah kantor cabang dan kemudahan akses

Jumlah bank syariah yang tidak sebanyak bank konvensional menyebabkan akses bank syariah belum merata, terutama didaerah pedesaan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui  berapa jumlah kantor cabang yang dimiliki bank syariah tersebut kemudian lokasinya dimana saja. Keberadaan kantor cabang yang banyak akan mempermudah kamu untuk bertransaksi dan memanfaatkan layanan perbankan tersebut. Selain itu, kemuadahan untuk mengakses rekening anda di bank syariah tersebut juga merupakan hal yang harus dipertimbangkan. Hal ini seperti jumlah atm bank yang bersangkutan, fasilitas seperti mobile banking, sms banking, dan internet banking.

2. Biaya transaksi

Pilihlah bank syariah yang biaya transaksi atau biaya administrasinya tidak terlalu mahal, baik itu jika bertransaksi dengan bank yang sejenis maupun bank yang tidak sejenis.  Sehingga, meskipun rekan-rekanmu tidak menggunakan bank syariah, kamu tetap bisa bertransaksi dengan mereka tanpa perlu mengkhawatirkan biaya transaksi. Selain itu, pilihlah bank syariah yang terbuka terhadap informasi biaya-biaya yang dikenakan kepada nasabah. Sebab, salah satu hal yang membedakan bank syariah dengan bank konvensional adalah keterbukaan pihak bank kepada nasabah terhadap keuntungan, kerugian, situasi dan kondisi yang akan dialami bank dan nasabah.

3. Memberikan hasil terbaik

Untuk mengetahui imbal hasil yang bisa diberikan oleh bank syariah terhadap investasi anda, anda harus memperhatikan kinerja bank syariah yang bersangkutan. Kinerja tersebut berkaitan dengan penyaluran pembiayaan serta sistem bagi hasil sesuai dengan akad yang sudah disepakati. Sebab, tidak sedikit bank yang mengatasnamakan syariah, tetapi praktiknya tetap seperti bank konvensional. Oleh karena itu, sistem bagi hasil yang diterapkan oleh bank syariah tersebut perlu diperhatikan. Tidak ada salahnya meminta untuk diperlihakan laporan keuangan bank bersangkutan, sebab sistem bagi hasil yang diterapkan harus berdasarkan pendapatan yang diperoleh bank.

4. Kualitas layanan

Pilihlah bank syariah yang pelayanannya cepat, tepat, baik, ramah, serta mampu memenuhi kebutuhan jasa perbankan anda, baik itu pelayanan dikantor cabangnya maupun kantor induknya. Jika anda mendapati petugas bank yang kurang menyenangkan dalam melayani nasabah, sebaiknya anda tidak memilih bank tersebut karena hal itu akan mempengaruhi kelancaran dan kepuasan anda terhadap pelayanan yang diberikan. Jika anda sudah terlanjur menabung dibank tersebut dan mendapati petugas bank yang seperti itu, maka cobalah memberikan masukan atau saran kepada pihak bank demi kualitas bank tersebut.

Visi Misi

Visi dan misi merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan dalam memilih bank syariah. Visi dan misi bank tersebut akan menentukan arah kinerja dan kebijakan serta kejelasan transaksi yang dilakukan bank tersebut. Cobalah untuk mencari tahu informasi mengenai bank tersebut melalui websitenya, baik itu informasi visi misi, pimpinan, produk yang ditawarkan, serta keuntungan yang bisa didapatkan. Bank syariah yang baik adalah bank syariah yang tidak hanya berlandaskan syariat dalam konsepnya saja, tetapi dalam penerapannya juga. Dengan demikian, bank tersebut baru bisa dikatakan bank syariah yang berhasil.

Susunan Manajemen dan Dewan Pengawas Syariah

Manajemen suatu bank syariah akan mempengaruhi kinerja bank tersebut. Oleh karena itu, perhatikan susunan manajemennya dan Dewan Pengawas Syariahnya. Pilihlah bank syariah yang sudah berpengalaman. Dengan mengetahui susunan manajemen dan Dewan Pengawas Syariahnya, anda akan merasa nyaman bermitra dengan bank tersebut karena telah mengetahui profil dan informasinya secara jelas. Dengan demikian, anda tidak perlu khawatir akan keuntungan, kelancaran, dan kenyamanan pelayanan yang diberikan oleh bank syariah tersebut.

Sekian 6 Tips dalam memilih Bank Syariah. Semoga Artikel ini membantu dan semoga bermanfaat :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Tips Memilih Bank Syariah"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan pembahasan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel