15 Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru!


15 Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru!

Kuota internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Makin lama menggunakan internet, makin banyak pula kuota yang tersita. Pada 2015 lalu Google Indonesia pernah melansir data bahwa orang Indonesia menghabiskan rata-rata 5,5 jam per hari untuk berinternet ria, terutama memakai handpone. Perlu juga kamu ketahui bahwa pada tahun 2016, pengguna internet di Indonesia sudah semakin banyak hingga menembus 132,7 juta orang atau lebih dari separuh total populasi masyarakat Indonesia. Dengan jumlah pengguna terbanyak yaitu 75,8% adalah orang berusia 25 sampai 34 tahun.

Selain konten berbentuk teks tulisa, konten dalam bentuk video dan foto, membuat konsumsi kuota internet semakin boros. Jadi, tidak heran jika data internet kamu semakin lama semakin cepat habis. Di sisi lain, harga kuota internet semakin mahal pula. Supaya kamu bisa menghemat pengeluaranmu untuk membeli kuota internet, maka kamu perlu menghemat pemakaian kuota internetmu dengan cara berikut:

Baca Juga : Daftar Universitas Keguruan Terbaik di Indonesia Terbaru

1. Jangan nyalakan semua aplikasi

Menyalakan data selular pada semua aplikasi, bisa membuat paket data kamu cepat habis. Cobalah mengatur pemakaian data seluler di smartphone kamu dan nyalakan untuk aplikasi yang memang sering kamu gunakan. Untuk aplikasi media social, kamu tidak perlu menyalakan data semuanya, pilih satu saja aplikasi yang dominan kamu gunakan misalkan facebook. Untuk aplikasi seperti Map, jika kamu tidak sedang memerlukan atau menggunakannya, lebih baik kamu matikan atau ubah ke mode offline saja agar tidak terus menerus menyedot data.

2. Pakai browser yang hemat

Penggunaan Browser atau peramban terutama yang berasal dari bawaan ponsel itu sendiri akan lebih cepaat menyedot kuota. Misalnya, Safari yang tersedia di iPhone atau Google Chrome yang tersedia di platform Android. Supaya kuota internet kamu bisa lebih hemat, coba gunakan atau download browser yang lebih efisien seperti Opera Mini. Browser yang efisien mampu mengompresi website yang kamu kunjungi sehingga konsumsi data internetmu menjadi lebih sedikit. Jika menggunakan Google Chrome, kamu bisa mengaktifkan penghematan dengan menyentuh ikon tiga titik di kanan atas lalu pilih Settings, Bandwith, kemudian pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

3. Batasi pemakaian data tiap aplikasi

Kebanyakan platform atau aplikasi menyediakan opsi menghemat konsumsi data. Misalnya, pada platform Android, kamu bisa memanfaatkan fitur data usage warning dan limit system yang tersedia. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu akan mendapatkan peringatan saat pemakaian kuota internet melampaui batas yang ditentukan. Pada  aplikasi seperti Whatsapp, kamu bisa mengaktifkan pengaturan data dengan membuka Setting, lalu Data and Storage Usage. Nonaktifkan media auto download dengan memilih download hanya saat ada wifi. Pengaturan panggilan di Whatsapp juga bisa kamu atur menjadi Low Data Usage agar kuota internet tidak boros. Hanya saja, efeknya, kualitas panggilan melalui aplikasi ini berisiko kurang baik.

4. Matikan autosinkronisasi

Banyak sekali aplikasi yang menerapkan sinkronisasi otomatis sehingga mereka menyedot kuota internet secara langsung tanpa kamu sadari. Sebagai langkah untuk menghemat kuota internet, kamu bisa mematikan fitur autosinkronisasi ini dan memilih menerapkan mode manual saja. Caranya, klik Settings, lalu Account, kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan.

5. Manfaatkan fitur Airplane Mode

Jika kamu berada disuatu ruangan atau keadaan dimana kamu tidak memungkinkan untuk menggunakan ponsel, akan lebih baik kamu mengaktifkan fitur airplane mode. Dengan mode airplane, selain menghemat kuota internet juga bisa menghemat daya baterai ponselmu. Misalnya, saat kamu tengah berdesakan di transportasi publik atau sedang jalan-jalan dan tidak ingin diganggu.

Baca Juga : Tips Lolos SNMPTN, dijamin Jitu

6. Matikan ponsel saat tidur

Rata-rata orang menghabiskan waktu sekitar 7 jam untuk beristirahat malam alias tidur. Bayangkan bila kamu selalu membiarkan ponsel menyala saat tidur, sudah berapa banyak kuota internetmu yang tersedot. Data internet terus tersedot padahal kamu tidak sedang menggunakan ponsel. Jadi, jangan lupa untuk selalu mematikan ponsel atau aktifkan fitur Airplane Mode sebelum kamu tidur. Cara ini sangat efektif untuk menghemat kuota internet.

7. Hapus aplikasi yang boros kuota data

Coba kamu lihat, aplikasi mana saja di ponselmu yang banyak menyedot konsumsi data. Caranya, buka menu Settings lalu buka Data Usage, scrolling ke bawah dan di situ kamu bisa melihat aplikasi mana yang boros data. Hapus atau uninstall saja aplikasi yang terlalu boros memakan data internet. Dengan demikian kamu bisa menghemat kuota internetmu.

8. Atur penggunaan data di Background App Refresh

Tanpa kamu sadari, fitur Background App Refresh diam-diam memakan kuota internet. Jika kamu memakai platform Android, kamu bisa masuk ke menu Settings, lalu Data Usage, sentuh tiga garis vertikal di kanan atas, kemudian pilih Restrict background data, dan klik OK. Bila kamu memakai platform iOS, kamu harus telaten dan bersabar dalam membuka satu per satu aplikasi di menu Settings dan nonaktifkan fitur Background App Refresh. Cara ini akan sangat membantu kamu menghemat kuota internet. Risikonya, kamu tidak mendapatkan notifikasi dengan cepat seperti biasanya.


9. Update Aplikasi hanya saat memakai WiFi

Cara ampuh lainnya untuk menghemat kuota internet adalah perbarui atau update aplikasi hanya saat kamu terhubung dengan jaringan WiFi. Jangan pernah menyalakan fitur update otomotis memakai celullar data, karena hal ini akan sangat menyedot kuotamu secara cepat. Apalagi jika kamu menyimpan puluhan aplikasi yang harus diupdate secara berkala. Pada platform Android, cara mengaktifkan fitur ini adalah klik menu Settings, lalu auto-update apps, kemudian pilih Auto-update apps over WiFi Only.

10. Pakai aplikasi kompresi data

Kamu bisa menggunakan aplikasi yang bisa mengkompresi data agar dapat menghemat kuota internet. Misalnya, memakai Onavo Extend atau semacamnya. Aplikasi ini dapat membantu kamu menganalisa semua aplikasi di perangkat Android. Hanya saja, Onavo tidak bisa mengkompresi video. Akan tetapi, cukup membantu kamu untuk menghemat kuota internet.

11. Manfaatkan aplikasi Mailbox untuk email

Memiliki aplikasi email di ponsel memang sangat efektid dan efisien. Akan tetapi, keluar masuk email ternyata menyedot kuota internet. Akan lebih baik jika kamu memanfaatkan aplikasi Mailbox agar bisa menghemat kuota internet. Aplikasi Mailbox bisa kamu dapatkan baik di platform iOS maupun Android. Aplikasi Mailbox memungkinkan kamu untuk menyimpan data tanpa perlu menyedot data saat penggunaannya. Secata otomatis, konsumsi kuota internet kamu bisa sedikit lebih hemat.

12. Optimalkan pemakaian WiFi

Bila kamu banyak beraktivitas di tempat yang menyediakan WiFi, manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya. Saat ini, diberbagai tempat publik sudah semakin banyak yang memberikan fasilitas WiFi yang bisa diakses saat kita berkunjung atau berada di sana. Misalnya, di mal, cafe, di kantor, di kampus, di bandara dan lain-lain. Hanya saja, menggunakan WiFi bisa membuat daya tahan baterai ponsel lebih singkat. Hal itu karena semua aplikasi otomatis menyala dengan bantuan WiFi.

13. Manfaatkan Fitur Offline Mode

Sekarang ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur offline mode. Fitur ini memungkinkan kamu untuk tetap memakai aplikasi walau dalam kondisi tidak terkoneksi dengan jaringan internet atau dalam kondisi offline. Misalnya saja Youtube. Jika kamu memakai fitur offline mode, kamu dapat menyimpan video tanpa mengunduh. Video tersebut bisa kamu lihat nanti saat offline. Google Maps juga memiliki fitur ini, sehingga kamu bisa tetap memakai peta untuk mencari lokasi walaupun tidak tersambung dengan internet.

14. Hindari memakai kuota ponsel untuk teethering

Mungkin kamu merasa tidak puas berselancar di dunia maya menggunakan gadget yang layarnya terbatas seperti ponsel pintar. Akhirnya, kamu tergoda untuk menjadikannya personal hotspot (teethering) untuk laptop atau PC. Langkah ini dijamin akan sangat cepat menghabiskan kuota internet kamu. Nah, jika kamu ingin menghemat kuota internet, jangan sekali-kali menjadikan smartphone kamu sebagai personal hotspot kecuali dalam keadaan terpaksa.

15. Tangkis tampilan iklan di browser

Tampilan iklan dibrowser seringkali tak sengaja tersentuh jari kita saat sedang berselancar di dunia maya atau browsing. Memang itulah tujuan si pemasang iklan, yaitu agar pemakai browser melihat iklan mereka dengan atau tanpa sengaja. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa memasang Adblock Plus untuk memblokir atau mematikan tampilan iklan dibrowser atau di halaman website yang tengah kamu kunjungi. Selain mengurangi  gangguan saat surfing dan browsing, kuota internetmu bisa terpakai untuk hal yang memang kamu butuhkan.

Nah, itulah 15 Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru dari Info Internet. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat Mencoba :)

Baca Juga : 10 Tips Memulai Online Shop


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15 Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru!"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan pembahasan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel