Beginilah Ciri Ciri Telur Palsu dan Telur Asli




Beberapa hari yang lalu, warganet dihebohkan oleh kembali beredarnya telur ayam palsu ditanah air. Isu yang sempat beredar sejak tahun 2014 lalu, kini kembali menjadi perbincangan hangat di media dan kalangan masyarakat, terutama ibu-ibu. Dilansir dari laman BANJARMASINPOST.CO.ID viralnya persoalan telur ayam palsu ini dimulai dari postingan di akun facebook Re'tha Rosse yang mengaku tertipu telah membeli telur ayam palsu yang disangkanya asli. Perempuan tersebut mempostingnya pada Selasa, 30 Januari 2018. Hingga saat ini, postingannya di akun facebook Re'tha Rosse mengenai telur palsu telah telah dibagikan oleh 46.519 warganet.

Ia mengaku baru mengetaui bahwa telur ayam tersebut palsu ketika ia dia hendak memasak telur ceplok alias telur mata sapi untuk anaknya. Sebagai seorang ibu, mendengar adanya kabar mengenai beredarnya telur ayam palsu, ia mengecek telur yang hendak dimasaknya. Setelah  ia memecahkan cangkang telurnya, ia terkejut melihat selaput cangkangnya mirip kertas buku tulis. Selaput cangkang tersebut memiliki warna putih yang sangat berbeda dengan selaput cangkang telur ayam asli. Selaput yang asli terlihat bening dan mudah pecah, sedangkan selaput telur palsu ini justru tebal seperti kertas.


Hal tersebut pun membuat ia was-was, sehingga ia langsung mengecek isi telur ayam tersebut. Ternyata sesuai dugaan, isi telur ayam tersebut tidak anyir bahkan tidak berbau khas telur sama sekali. Ia pun mengaku merasa sedih dan kesal karena telur ayam tersebut bisa membahayakan kesehatan manusia. Kabar yang lebih mengejutkan lagi ialah pengakuan bahwa ia tidak membeli telur ayam  tersebut di toko swalayan, melainkan di warung. Kekhawatirannya tersebut semakin bertambah karena penyebaran telur palsu sudah sampai ke warung-warung kecil.
  
Di era zaman now ini, kita memang harus waspada terhadap seagala sesuatu yang terlihat asli tapi sebenarnya palsu. Tidak hanya beras palsu, rambut palsu, harapan palsu, bahkan telur ayam pun ada yang palsu. Meskipun kabar beredarnya telur ayam palsu ini bukanlah hal yang baru, tidak menutup kemungkinan bahwa masih banyak diantara kita yang belum bisa membedakan telur palsu beserta bahaya yang dikandungnya.

Perlu diketahui bahwa telur palsu mengandung banyak bahan kimia yang berbahaya seperti calsium chloride, alum, benzoic acid, cellulose, dan lain-lain. Calcium chloride digunakan untuk membuat kulit telur, alum  sebagai bahan pelembut, benzoic acid yang merupakan pengawet, dan cellulose yang dapat menyebabkan gangguan metabolisme, kerusakan hati, bahkan kerusakan sistem syaraf. Bisa dibayangkan betapa bahayanya telur ayam palsu ini bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi terus menerus.

Belajar dari bahaya telur ayam palsu dan kejadian yang menimpaRe'tha Rosse, maka penting bagi kita semua untuk bisa membedakan antara telur ayam asli dengan telur ayam yang palsu. Berikut perbedaan diantara keduanya:

  • Telur ayam palsu memiliki tekstur kulit yang bentuknya tidak merata dan kadang terdapat benjolan. Sedangkan pada telur ayam asli tidak terdapat hal seperti itu.
  • Jika dikocok, telur ayam palsu tidak akan menghasilkan suara berbeda dengan telur ayam asli.
  • Jika telur ayam yang asli identik dengan bau anyir, telur ayam palsu justru tidak berbau sama sekali baik pada cairan kuning maupun putih telur.
  • Pada salah satu sisi telur ayam asli terdapat rongga, sedangkan telur ayam palsu di salah satu sisinya tidak terdapat rongga.
  • Kuning telur ayam asli lebih mudah dipecahkan, sedangkan kuning telur ayam palsu agak kenyal dan sukar di pecahkan.
  • Pada saat direbus kuning telur ayam asli bentunya bulat, sedangkan kuning telur ayam palsu tidak berbentuk bulat.
  • Jika hasil rebusan dari telur palsu dibelah maka kuning telur berada di dekat cangkang telur, sedangkan untuk telur ayam asli umumnya berada agak ke tengah.
  • Pada telur ayam palsu terdapat selaput aneh sebagai pemisah kuning telur dan putih telur, sedangkan pada telur ayam asli tidak terdapat selaput aneh tersebut.

Nah, setelah mengetahui bahaya dan cara membedakan telur ayam yang asli dengan yang palsu, semoga kita semua terhindar dari tipuan telur ayam palsu mulai beredar di tanah air. Itulah Ciri Ciri Telur Palsu dan Telur Asli. Semoga artikel ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beginilah Ciri Ciri Telur Palsu dan Telur Asli"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan pembahasan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel