10 TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE SHOP BAGI PEMULA




Banyaknya online shop yang promosi melalui sosial media membuat sebagian dari kita bertanya-tanya, apakah segampang itu membuka usaha online shop? Kelihatannya gampang sih, tapi jika kamu tidak punya bekal atau pengetahuan mengenai online shop, pastinya hal tersebut akan menjadi sedikit ribet atau sulit. Meskipun banyak online shop yang medapatkan keuntungan per bulan yang tergolong besar, tidak sedikit juga online shop yang mengalami kerugian bahkan gulung tikar. Oleh sebab itu, sebelum kamu memulai bisnis online shop, ada baiknya kamu mengenal bisnis online shop dan keuntungannya terlebih dahulu. Informasi mengenai online shop berikut bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk memantapkan langkah memulai bisnis online shop :

Mandiri. Bisnis online shop merupakan bisnis yang mandiri, sebab kamu akan menjadi bos di usaha kamu sendiri. Selain itu, kamu juga yang akan menjadi karyawan, melakukan promosi, melakukan pembukuan penjualan, bahkan menyiapkan modal. Meskipun semuanya berawal dengan mandiri alias dilakukan sendiri, tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti kamu bisa mempekerjakan karyawan untuk membantu kelancaran bisnis online shop kamu. Apalagi, kalau bisnisnya sudah besar dan sukses, tentunya akan membutuhkan tenaga lebih untuk kelancaran proses jual beli.

Everytime & everywhere. Salah satu pertimbangan terbesar memilih bisnis online shop adalah kemudahan dalam menjalankannya. Sebab, kamu bisa bekerja kapan saja dan dimana saja, tidak terpaku waktu dan tempat, asalkan ada sinyal atau jaringan internet dan ada kuota tentunya. Jadi, pastikan kamu selalu berada di tempat yang tidak susah sinyal ya...

Modal seadanya. Untuk memulai bisnis online shop modal yang diperlukan tidak terpaku pada jumlah tertentu. Dengan modal seadanya kamu bisa memulai bisnis online shop, sebab kamu tidak perlu membeli banyak barang untuk dijual.

Mudah dipromosikan. Nah, promosi adalah bagian penting dalam menarik hati pelanggan dan kesuksesan penjualan. Promosi usaha online shop dapat dilakukan dengan mudah melalui sosial media. Apabila kamu mempunyai berbagai akun sosial media, manfaatkan semuanya  untuk mempromosikan usaha online shop kamu. Dengan demikian pembeli bisa dengan mudah mengakses produk-produk yang kamu jual.

Nah, setelah mempertimbangkan hal-hal diatas, kamu akan semakin yakin untuk memulai bisnis online shop. Modal yakin saja tidak cukup, sebagai pemula kamu masih harus belajar banyak dalam menjalankan online shop. Berikut ini tips memulai online shop bagi pemula agar sukses.

1.  Menentukan Produk

Sebelum berjualan online, kamu harus menentukan produk yang akan dijual terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan survey di sosial media atau dilingkungan sekitar mengenai produk apa yang lagi trend atau banyak diminati. Ada baiknya kamu menjual produk yang akan terus dibutuhkan atau peminatnya banyak. Dengan demikian, pembeli akan terus berdatangan.

2. Menentukan Target Pasar

Supaya online shop kamu bisa bersaing, maka kamu harus bisa menentukan targer pasar supaya produk yang kamu jual juga bisa menyesuaikan dengan selera mereka. Misalnya anak-anak, remaja dan orang dewasa, ibu-ibu/bapak-bapak.

3. Mencari Pemasok/Supplier

Setelah kamu menentukan produk dan target pasar, selanjutnya kamu harus mencari pemasok/supplier. Carilah supplier yang nyaman diajak kerja sama baik dalam bentuk reseller maupun dropshiper. Perhatikan juga produk dari pemasok terkait dengan kulitas, harga, dan testimoni dari pembeli. Jika bisa, carilah supllier yang memberikan potongan jika dilakukan pembelian dalam jumlah banyak ataupun yang memberikan gratis ongkos kirim. Dengan demikian, kamu juga bisa mengatur harga produk yang akan kamu jual dan keuntungan yang akan kamu dapatkan.

4. Menentukan Harga

Harga menjadi faktor penting dalam bisnis jual beli, apalagi online. Pastikan harga produk yang kamu jual menyesuaikan dengan daya beli target pasar kamu. Jangan terburu-buru memasang harga tinggi untuk mendapatkan keuntungan lebih, tapi pasanglah harga standar untuk menarik perhatian dan kepercayan pembeli terlebih dahulu.

5. Melakukan Promosi

Jika pemilihan produk, supplier, target pasar, dan harga sudah terselesaikan, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi online shop yang kamu miliki. Promosi bisa dilakukan melalui akun sosial media pribadi kamu dan meminta teman-teman terdekatmu untuk membantu mempromosikan. Jangan terpaku pada satu sosial media saja, tapi usahakan lakukan promosi melalui semua jenis sosial media yang kamu miliki supaya online shop kamu lebih mudah dikenal. Jangan lupa juga tambahkan hastag atau tagar supaya online shop kamu mudah dicari.

6. Membuat Internet Banking

Untuk mempermudah transaksi online shop kamu baik dengan suplier maupun customer, ada baiknya kamu mengaktifkan internet banking. Sehingga transaksi pembayaran ke supplier dan penerimaan dari customer, serta  pengecekan saldo modal yang kamu miliki bisa dilakukan dengan mudah.

7. Membuat Pembukuan Penjualan

Supaya setiap transaksi online shop yang kamu lakukan bisa diketahui keuntungan/kerugiannya, biasankan membuat pembukuan penjualan. Jangan khawatir, pembukuan yang kamu buat tidak harus seperti siklus akuntansi yang sebenarnya, cukup buat buku besar/rekap penjualan saja. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui tanggal transaksi, pembeli, harga beli, harga jual, serta keuntungan/kerugian yang kamu dapatkan.

8. Ramah dan Sabar

Pembeli adalah raja, oleh sebab itu sebagai penjual kamu harus sabar melayani pertanyaan atau keluhan dari pembeli maupun calon pembeli. Biasakan menggunakan kata-kata yang sopan dan emoticon smile supaya mereka merasa nyaman jika ingin melakukan transaksi.

9. Jujur

Kejujuran sangat penting dalam menjalankan bisnis online shop. Produk yang hanya ditampilkan dalam bentuk gambar membuat tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk sangat minim. Meskipun demikian, kamu harus tetap memberikan informasi dan keterangan yang jujur mengenai produk. Tugas kamu sebagai penjual adalah meyakinkan konsumen tanpa harus menipu.

10. Kerja keras dan Bersyukur

Jika ingin bisnis online shop kamu sukses, tentunya kamu harus bekerja kelas dan tidak boleh malas dalam mempromosikan dan mengupload produk-produk baru yang didapat dari supplier. Setelah kamu bekerja keras, apapun hasilnya, entah itu sedikir atau banyak kamu harus tetap bersyukur. Dengan begitu, bisnis kamu bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan berkah.


Nah, setelah membaca artikel 10 Tips Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula  ini, pastinya anda sudah punya sedikit gambaran tentang bagaimana cara memulai bisnis online bagi pemula yang menguntungkan. Walaupun anda masih pemula, jangan mempunyai pikiran takut bersaing dengan yang sudah lama karena akan selalu ada celahyang bisa dimanfaatkan. Tentukan jenis bisnis online yang sesuai dengan kemampuan dan minat anda. Lakukan sekarang, dan jangan menunda nunda. Menunda membuka online shop = menunda sukses.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE SHOP BAGI PEMULA"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan pembahasan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel