12 Cara Hidup Hemat Ala Anak Kos

Sebagai mahasiswa tentunya kamu harus bisa menghemat uang, apalagi jika kamu hanya mengharapkan uang bulanan atau kiriman dari orang tua. Nah, untuk memastikan agar kamu terhindar dari penyakit KanKer (kantong kering) di akhir bulan atau sebelum masa pengiriman uang bulanan tiba, maka kamu wajib menerapkan tips berikut ini :

1. Utamakan kebutuhan
Sebagai seorang mahasiswa kamu harus bisa membuat daftar prioritas, mana yang termasuk kebutuhan dan mana yang termasuk keinginan. Tidak berhenti sampai disitu, dari daftar kebutuhan yang kamu buat, kamu harus memprioritaskan lagi mana yang merupakan keburuhan mendesak, emergensy, urgent, atau gawat darurat. Pastikan kamu memprioritaskan pengeluaran untuk hal-hal yang bersifar kebutuhan.

2. Masak sendiri
Kata-kata makan untuk hidup seringkali diputarbalikkan oleh mahasiswa menjadi hidup untuk makan. Hal ini tidak menjadi masalah jika kamu mengutamakan makan daripada hal lainnya. Akan tetapi, hal ini menjadi masalah jika kamu beranggapan kamu boleh menghabiskan uang berapapun asal itu untuk makan. Nah, untuk mengehemat pengeluaran makan kamu, usahakan kamu masak sendiri, paling tidak kamu memasak nasi sendiri. Hindari membeli nasi+lauk di warteg, penyetan, cafe, apalagi restoran! Jangan tergoda oleh makanan enak, sebab semua makanan itu enaknya hanya dari lidah sampai tenggorokan, sisanya kebawah semua makanan sama aja nasib akhirnya.
Meskipun mencuci pakaian adalah hal termager yang harus dilakukan, kamu tetap harus membiasakan mencuci sendiri. Jangan laundry! Sebab laundry dapat menimbulkan ketergantungan, kemalasan, dan kemiskinan sebelum akhir bulan. Meskipun laundry mengurangi pekerjaan kamu untuk mencuci,menyetrika, dan membeli detergen. Akan tetapi, terus-terusan ngleaundry membuat kamu malas mencuci sendiri, sehingga tanpa sadar kamu mengeluarkan banyak uang hanya untuk mencuci.

4. Bawa bekal sendiri
Ini penting banget untuk menghemat pengeluaran kamu di kampus. Biasakan selalu membawa air minum dalam botol dari kost. Dengan demikian, kamu tidak perlu membeli air mineral di kampus yang ujung-ujungnya botol air mineral tersebut juga bakal diisi air galon. Lebih bagus lagi jika kamu membawa bekal makanan dari kost, sehingga ketika jeda perkuliahan yang lumayan lama, meskipun temen-temenmu pada makan dikantin atau dimanapun kamu tetap bisa ikut makan tanpa menghkawatirkan pengeluaran.

 5. Bawa uang secukupnya
Kemanapun dan kapanpun kamu pergi, biasakan membawa uang pas-pasan alias secukupnya saja. Hal ini untuk menghindari kamu membeli sesuatu diluar tujuan dan dugaan hanya karena godaan. Jika kamu membawa uang berlebihan atau malah semuanya, maka apapun yang kamu inginkan pasti akan langsung kamu beli tanpa memikirkan akhir bulan nanti.

6. Jangan keseringan dolan
Dolan memang perlu untuk menyegarkan pikiran dari tugas perkuliahan. Akan tetapi, jika kamu dolan tiap hari akan sangat tidak bagus untuk kondisi keuangan. Biasakan saat pulang kuliah langsung pulang kost, jangan keluyuran menghambur-hamburkan uang. Kalaupun temanmu ngebet ngajak dolan, tolak saja dengan alasan kamu kehabisan uang atau belum dikirimi uang. Jangan gengsi dan jangan ada dusta diantara kita. Kalau memang teman pengertian, dia pasti akan mengerti dengan alasan penolakanmu, lebih bagus lagi jika dia peka dan langsung nraktir kamu dolan.
7. Cowo berhenti merokok, cewe berhenti beli kosmetik
Pengeluaran tidak begitu penting yang sering dipenting-pentingkan oleh mahasiswa adalah rokok untuk cowo dan kosmetik (terutama lipstik) untuk cewe. Padahal jika kamu mau menutup mata dan pintu hati daei pengeluaran membeli benda-benda ini, uang bulananmu bisa bertahanan sampai tanggal tua nanti.

8. Makan dibungkus
Kalau memang kamu tidak punya waktu untuk memasak atau mungkin tidak bisa memasak sehingga terpaksa membeli makanan di warteg, maka pastikan kamu bungkus makananmu bawa pulang ke kos danjangan makan ditempat. Sebab, makan ditempat sudah dipaketkan dengan minum dan seringkali kamu jelalatan dengan nambah kerupuk,nambah gorengan, dan lain-lain.

9. Ikuti kegiatan yang ada makanan/snack gratis
Daripada kamu gabut di kos hingga kelaperan, lebih baik kamu mengikuti kegiatan yang menyediakan makanan/snack gratis. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru sekaligus menghemat pengeluaranmu. Tidak hanya kegiatan formal seperti seminar dan pelatihan, kamu juga disarankan mengikuti kegiatan yang bersifat nonformal tetapi menyediakan makanan gratisan seperti pergi ke ulang tahun teman, rumah teman, atau kosan teman yang banyak persediaan jajan.

10. Puasa
Daripada kamu kelaperan tanpa makna, lebih baik kamu puasa. Selain mendapat pahala dan menghemat pengeluaran, puasa bisa melatik kesabaran dan rasa bersyukur kamu. Biasakan puasa tidak hanya ketika kehabisan uang, tapi ketika masih ada uang juga, sehingga kamu terbiasa dan itung-itung ibadah, apalagi jika puasa dihari senin dan kamis.

11. Menabung
Ketika kamu baru menerima uang bulanan, biasakan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung sebagai cadangan akhir bulan. Jika memang kamu keberatan, kamu bisa menabung setiap hari dengan jumlah yang sedikit seperti Rp500, Rp1000, atau Rp2000. Meskipun sedikit, jika dilakukan secara rutin dan disiplin, maka lama-lama akan menjadi bukit.

12. Kerja sampingan
Jika memang kondisi keuanganmu tidak terbantu meskipun telah menerapkan tips diatas, maka kamu mau tidak mau harus kerja sampingan. Apapun pekerjaannya selama halal dan tidak mengganggu waktu kuliah maka lakukan saja. Hal ini selain agar kamu belajar hidup mandiri juga membantu kamu untuk mencari relasi untuk kedepannya nanti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "12 Cara Hidup Hemat Ala Anak Kos"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan pembahasan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel