Kelebihan Bank Syariah Dibandingkan Bank Konvensional


Kelebihan Bank Syariah Dibandingkan Bank Konvensional
Kelebihan Bank Syariah Dibandingkan Bank Konvensional

Kelebihan Bank Syariah Dibandingkan Bank Konvensional

Banyak  masyarakat yang lebih memilih menabung di bank konvensional, padahal bank syariah juga memiliki beberapa kelebihan. Perkembangan bank syariah memang tidak sepesat bank konvensional. Namun, bukan berarti layanan bank syariah buruk, melainkan masyarakatlah yang belum terbiasa untuk bertransaksi dengan menggunakan bank syariah. Padahal, pada kenyataannya bank syariah memiliki beberapa kelebihan dibandingkan bank konvensional. Untuk lebih jelasnya, simak kelebihan bank syariah berikut ini:

1. Berdasarkan Syariat Islam
Manfaat utama menabung di bank syariah adalah prinsipnya yang berdasarkan syariat Islam yaitu Al-Qur’an dan hadist.

2. Terhindar dari Riba
Dalam syariat Islam, memakan uang riba merupakan hal yang dilarang atau termasuk golongan haram. Untuk itulah, di bank syariah tidak menerapkan sistem bunga atau riba melainkan menggunakan sistem bagi hasil. Dengan demikian, menggunakan bank syariah lebih aman dan terhindar dari riba.

3. Sistem bagi hasil
Salah satu keuntungan dan manfaat yang dimiliki bank syariah adalah nasabah akan diberikan keuntungan dengan sistem bagi hasil antara bank dengan nasabah. Bagi hasil didasarkan atas pendapatan bank. Bagi hasil yang dilakukan oleh nasabah dan pihak bank adalah dengan melakukan perhitungan pendapatan bank. Biaya yang dikeluarkan bank akan diambil dari bagi hasil tersebut, tetapi yang dimbail hanya yang menjadi hak bank saja.   Hasil tersebut akan memudahkan dan juga menguntungkan nasabah yang menabungkan uangnya di bank syariah.


4. Nasabah Terhindar dari Kerugian
Meskipun banyak nasabah lebih memilih menabung di bank konvensional karena tingkat suku bunga yang lebih menguntungkan, bukan berarti menabung di bank syariah tidak menguntungkan, justru menabung di bank syariah membuat nasabah terhindar dari kerugian. Mengapa demikian? Bank syariah memang tida memberlakukan sistem bunga, akan tetapi bank syariah memberikan bonus dan sistem bagi hasil yang akan tetap menguntungkan nasabah. Jika nasabah memiliki investasi yang besar di bank syariah, maka bonus perbulan yang akan didapatkan pun juga besar. Selain itu, dengan menggunakan perhitungan bagi hasil yang dilakukan oleh bank syariah, berapapun tingkat keuntungan yang diperoleh bank tidak akan membuat nasabah merugi, sebab perhitungan bagi hasil dilakukan berdasarkan dengan pendapatan yang diperoleh oleh pihak bank setiap bulannya, bukan besaran keuntungan yang diperoleh bank.

5. Pemanfaatan dan Penabung
Dana yang ditabung di bank syariah bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang baik dan sesuai dengan syariah islam. Di bank konvensional nasabah tidak akan tahu kemana dananya akan disalurkanakan tetapi, jika menabung di bank syariah, nasabah akan mendapatkan hasil dari investasi yang halal dan sesuai syariat saja. Bank syariah akan menyeleksi berbagai macam proyek yang hendak didanai dengan menggunakan dana nasabah. Tiidak hanya melihat keuntungan yang diberikan serta kelayakan usaha saja, namun bank syariah juga akan melihat dari sisi halal dan juga haramnya usaha tersebut. Sehingga dana nasabah akan terjamin kebermanfaatan dan kehalalannya.


6. Adanya Peringatan tentang Bahaya
Keunggulan lain yang dimiliki bank syariah adalah bank syariah mampu memberikan peringatan dini kepada nasabahnya. Jadi, ketika bank syariah mengalami hasil yang terus merosot, nasabah bisa mendapatkan isyarat bahwa sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada banknya sehingga nasabah bisa melakukan antisipasi. Sedangkan,  di bank konvensional tidak seperti itu.

7. Dana untuk Umat
Di bank syariah adalah dana yang didapatkan merupakan dana untuk umat yang didapatkan atau dikumpulkan dari umat sehingga akan dikembalikan untuk kesejahteraan umat juga. Tujuan bank syariah pun tidak semata-mata untuk profit tetapi untuk kemaslahatan umat, sehingga dalam penyelenggaraannya keuntungan yang didapat harus tetap sesuai dengan syariat Islam.

Demikianlah kelebihan bank syariahdibandingkan dengan bank konvensional. Semoga kelebihan yang dimiliki bank syariah tersebut dapat meyakinkan anda untuk menabung di bank syariah tanpa perlu mengkhawatirkan terjadinya kerugian. Saat ini , bank syariah sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan, jadi tidak menutup kemungkinan keberadaan bank mampu menyaingi bank konvensional. Untuk itu, anda sebagai umat Islamlah yang akan menentukan maju tidaknya bank syariah. Sebab, tanpa dukungan dari umat, bank syariah tidak dapat mencapai tujuan berdirinya untuk kemaslahatan umat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kelebihan Bank Syariah Dibandingkan Bank Konvensional"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan pembahasan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel